Minggu, 03 Januari 2010

Jambi akan bangun Agro Industrial Park

Jambi akan bangun Agro Industrial Park

Bisnis Indonesia JAMBI:

Pemprov Jambi akan membangun kawasan industri khusus pertanian atau Jambi Agro Industrial Park di daerah Muara Sabak, yang bersebe-lahan dengan pelabuhan samudra.

Wakil Gubernur Provinsi Jambi Antony Z. Abidin men- jelaskan saat ini sedang dibuat master plan rencana tersebut yang dibiayai APBD 2007 sebesar Rpl,4 miliar, dan dipastikan tahun ini selesai. "Pem*prov [Jambi] telah menga-lokasikan lahan sekitar 200 hektare di samping pelabuhan samudra," kata dia kepada Bisnis, kemarin.

Jambi Agro Industrial Park akan menjadi kawasan industri khusus pengolahan produk pertanian pertama serta riset yang akan menghasilkan produk dengan kualitas interna sional untuk pasar global.

Beberapa investor nasional maupun luar negeri saat ini sudah mengatakan minatnya untuk bergabung dalam ka*wasan industri tersebut a.l. Jepang , China, Taiwan, Eropa, Singapura dan Malaysia. Khusus Jepang, kata Anthony, Mei tahun ini akan membangun konstruksi awal pabrik biofuel dengan investasi Rp480 miliar.

Agar proyek itu berjalan mulus, pemerintah provinsi akan mempercepat pengerjaan in-frastuktur pendukung, khususnya penyempurnaan pela*buhan samudra. Saat ini pe*labuhan samudra hanya memiliki satu dermaga, dan di-harapkan pada 2009 sudah berdiri lima dermaga, sehing-ga pada tahun itu pelabuhan itu sudah dapat beroperasi secara normal.

Selain itu juga akan disusul pengerjaan jalan antara Muara Sabak dengan kota Jambi dan dengan daerah lainnya dalam provinsi Jambi. Hal ini untuk mendukung kelancaran arus barang maupun arus orang menuju pelabuhan tersebut.

Langkah itu dimulai dengan mempercepat penyelesaian pembangunan jembatan Ba-tang Hari dua yang akan memperpendek jalur Muara Sabak-Kota Jambi sekaligus pelebaran jalan dari Muara Sabak ke Kota Jambi. "Diha-rapkan, waktu tempuh antara Muara Sabak dan Kota Jambi bisa satu jam. Saat ini masih dua jam," kata dia.

Menurut Anthony, rencana pembangunan Jambi Agro Industrial Park sudah dikomunikasikan dengan pemerintah pusat melalui Mendag dan Menperin untuk mendapat dukungan dan fasilitas.

2 komentar:

randomplayarts mengatakan...

agro industrial park ini fungsinya sbg pengelolaan hasil pertanian kahh?? dan hrs berada di dekat transportasi laut/udara kah??

Anonim mengatakan...

Halo,I'm Helena Julio from Ecuador,I want to talk good about Le_Meridian Funding Service on this topic.Le_Meridian Funding Service gives me financial support when all bank in my city turned down my request to grant me a loan of 500,000.00 USD, I tried all i could to get a loan from my banks here in Ecuador but they all turned me down because my credit was low but with god grace I came to know about Le_Meridian so I decided to give a try to apply for the loan. with God willing they grant me  loan of 500,000.00 USD the loan request that my banks here in Ecuador has turned me down for, it was really awesome doing business with them and my business is going well now. Here is Le_Meridian Funding Investment Email/WhatsApp Contact if you wish to apply loan from them.Email:lfdsloans@lemeridianfds.com / lfdsloans@outlook.comWhatsApp Contact:+1-989-394-3740.

Posting Komentar